Sabtu, 13 Juli 2013

Uniknya Pasar Apung

saya hari ini tak begitu banyak memiliki kesibukan dan tak bisa keluar kost-an karena hujan so internetan aja deh .. berhubung modem sudah dipasang paket internet, sayang jika tidak digunakan.. so iseng tangan memencet tuts " Pasar Apung di kalimantan" langsung search Image dan banyak gambar yang muncul, jadi ingin buat catatan tentang pasar yang satu ini, pasar yang sangat unik, siapa yang setuju ? like bisa kaliii.. hehehe.. mari kita mulai. Pasar seperti yang kita ketahui adalah tempat dimana penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi menjajahkan barang dagangan ( ilmu ekonomi banget ini ) . Walau tak selamanya pasar itu harus bertemu langsung antara pembeli dan penjual seiring perkembangan Zaman. hehehe sok update deh saya ini.. :) nah di Indonesia ternyata pasar itu tak selamanya harus di daratan loh ternyata temen temen.. lihat dehh poto yang satu ini
sumber foto : http://portalbanjarmasin.com/wisata-pasar-terapung-muara-kuin-di-kota-banjarmasin/ nah uniknya kan pasar yang satu ini, mereka bertransaksi di atas sungai loh, dimana si tepatnya lokasi ini??? Lokasi ini berada di sungai Barito , Muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan. Saya sendiri belum pernah kesana, hanya melihat dari beberapa tayangan TV yang memperlihatkan keindahan dan keunikan Indonesia Tercinta ini..  bukan hanya sayur saja loh, ada pula makanan untuk sarapan seperti kue , gorengan dan lain sebagainya, dan unik.. diambilnya menggunakan kayu panjang yang diujungnya ada besi pengaitnya gitu, ga tau deh namanya apa.. mungkin kalian yang pernah kesana tau namanya, atau asalnya dari sana.. Sebenernya pasar apung ini bukan hanya di Indonesia, dinegara lain juga ada, tapi tetap Indonesia ku ini lebih unik (subyektiv banget ya, tapi ndak apaa apa, tandanya bangga jadi warga negara NKRI ini.. hehehe  ) Ini pasar tradisional yang normal
Sumber Foto : http://ir.binus.ac.id/2012/07/02/pasar-tradisional-dan-ekonomi-kita/ kalau menurut saya sih, ini udah semi modern, karena lantainya sudah keramik, tapi dikampung saya kisaran 3 tahun yang lalu masih ada yang bener bener tradisional. Kenapa? Lantainya masih tanah, dan mereka memanage tempatnya juga baik, di bagian depan itu sayuran dan tengah itu ikan ikan sama daging ayam dan daging sapi serta kambing, lalu di bagian paling belakang itu ada tempat khusus untuk tanaman dan hewan ternak., wah pokoknya tradisional banget dan membuat saya selalu tak pernah bosan kesana, tapi sekarang sudah sama seperti foto diatas. Dan sekarang ada yang lebih canggih lagi, apa itu?? Look this,
Sumber foto : google.com Saya lupa mengsave sumber foto yang satu ini, jadi kalo mau lihat sumbernya cari aja keyword nya “ gerobak sayur” nah muncul gambar ini, ya dari situ saya dapat deh pokoknya  .. sorry guys.. Kenapa saya bilang modern?? Bukan lagi harus masyarakat kepasar , tapi mini market berjalan sudah banyak tersedia, memudahkan... ya walau terbatas si barang nya tapi lumayan modern lah, menurut saya, bagaimana pendapat kalian?? Indonesia itu unik dari segi letak geografis, salah satu negara yang dilalui garis khatulistiwa, punya banyak hutan , flora dan fauna beragam dan banyak tempat sejarah yang bagus bagus. Wahh senengnya deh serta bangga jadi warga NKRI.. ini semua diluar kondisi yang lain lain ya guys. Keindahan Indonesia bukan hanya di Bali, masih banyak lagi contohnya : pantai senggigi di lombok, terus ada bunaken, terus ada gunung jaya wijaya, ada bromo, ada candi borobudur, ada aceh dan banyak lagi, juga Ibu Kota Jakarta yang dikenal dengan Traffic Jump nya.. hehehe tapi tetap suasana malam dijalanan Ibu kota indah dengan barisan gedung gedungnya.. kalo di sumatra ada bukit barisan kalo di jakarta bukit gedungan .. lohhh????$%^##$.. Sekian iseng iseng tulisan saya.. Keep proud be Indonesian  Penulis : sikacamata bening #siray

Tidak ada komentar:

Posting Komentar