Langsung ke konten utama

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI


RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI

Rapat Anggota Tahunan, atau yang sering disebut RAT. Apa sih RAT itu?? Saat mendapat tugas untuk menulis ini, saya sendiri bingung, karena jujur saya tidak pernah berhubungan dengan koperasi.
Setelah membaca beberapa referensi yang saya pilih untuk menjadi sumber dalam tugas saya ini, saya akan mencoba menjelaskan secara singkat mengenai RAT dan tujuan dari diadakannya RAT.
Rapat Anggota Tahunan atau yang sering disebut RAT ini, merupakan suatu agenda wajib didalam kepengurusan koperasi, karena didalam RAT tersebut akan terjadi pertanggung jawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada para anggota koperasi yang bersangkutan.
Rapat anggota tahunan telah dibahas didalam AD (Anggaran Dasar) dan hal yang dibahas adalah mengenai:
·         Kedudukan Rapat Anggota didalam koperasi.
·         Waktu pelaksanaan Rapat Anggota.
·         Agenda Rapat Anggota.
·         Syarat sahnya Rapat Anggota dapat dilaksanakan.
RAT minimal diadakan 1 kali dalam setahun. Namun didalam pelaksanaanya RAT dapat pula diadakan beberapa kali dalam setahun, dengan syarat terjadi masalah didalam koperasi dan hal tersebut membutuhkan hasil musyawarah dari sebagian besar anggota koperasi tersebut. Kenapa saya mengatakan sebagian besar, karena jika terdapat 50%+1 dari keseluruhan jumlah anggota yang terdaftar, maka rapat itu dapat diselenggarakan.
Atau ada pula yang mengatakan minimal 2% dari anggota koperasi, maka dapat diadakan RAT, itu sesuai dengan ADRT (Anggaran Dasar Rumah Tangga) koperasi.
Didalam Rapat Anggota Tahunan, masalah yang ingin diselesaikan dilakukan dengan cara musyawarah dan mufakat. Permasalahan yang terjadi didiskusikan secara musyawarah dan dilakukan keputusan secara mufakat, dengan tujuan agar semua anggota koperasi tersebut mendapatkan hak mereka untuk mengutarakan pendapat mengenai masalah yang sedang dihadapai oleh koperasi.
Pengambilan keputusan yang terjadi didalam RAT dan dihadiri minimal 2% atau 50%+1 ini sifatnya sah. Keputusan diambil dengan melihat suara terbanyak.
Kewenangan Rapat anggota yaitu Rapat Anggota berwenang menetapkan :
a. Anggaran Dasar;
b. kebijaksanaan umum di bidang organisasi, manajemen, dan usaha Koperasi;
c. pemilihan, pengangkatan, pemberhentian Pengurus dan Pengawas;
d. rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi, serta pengesahan laporan keuangan;
e. pengesahan pertanggungjawaban Pengurus dalam pelaksanaan tugasnya;
f. pembagian sisa hasil usaha;
g. penggabungan, peleburan, pembagian, dan pembubaran Koperasi.
Biasanya yang dipertanggung jawabkan adalah materi mengenai semua yang terjadi didalam koperasi pada tahun yang bersangkutan. Sebaiknya RAT diadakan 2 kali dalam setahun, selain lebih efektif menurut saya hal tersebut akan semakin membuat rasa kekeluargaan didalam koperasi semakin erat rasanya.
Semua anggota koperasi memiliki hak untuk menghadiri RAT yang diselenggarakan oleh koperasi, walaupun mungkin anggota tersebut masih memiliki kewajiban terhadap koperasi yang belum terselesaikan. Dengan adanya RAT, hal tersebut memberikan kesempatan untuk setiap anggota mengutarakan pendapatnya dan itu merupakan hal yang positive, kenapa? Karena itu berarti melatih koperasi tersebut bersifat demokrasi.
Untuk penulisan tugas saya ini saya mengambil beberapa referensi , dan sumber sebagai referensi adalah berikut ini:


Komentar

  1. kawan,Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    BalasHapus
  2. nice article...buat tambah pengtahuan..
    thanks for sharing
    ST3Telkom

    BalasHapus
  3. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085365566333
    PIN : D2E26405

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas sharingnya... Sangat bermanfaat bagi gerakan koperasi Indonesia... Sekedar menambahkan, untuk rekan-rekan yang menginginkan laporan RAT dengan cepat dan tepat, bisa menggunakan software koperasi yang bisa menghitung SHU anggota secara otomatis... Tidak perlu lembur tiap akan RAT... silakan klik Cara Menghitung SHU Koperasi Otomatis

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DEFINISI WARGANEGARA MENURUT UUD 1945 DALAM PASAL 26

DEFINISI WARGANEGARA MENURUT UUD 1945 DALAM PASAL 26 Menurut UUD 1945 pasal 26 yang dikatakan menjadi warga negara adalah sebagai berikut : (1) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara. (2) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia. (3) Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang-undang. Jelas dikatakan yang menjadi warganegara menurut UUD 1945 yang dijelaskan didalam pasal 26 ayat (1) bahwa yang menjadi warganegara adalah orang orang bangsa indonesia asli dan orang orang bangsa lain yang disahkan dengan UU. Disini jelas sekali bahwa semua orang baik yang memang berasal dari Negara Indonesia asli dan orang bangsa asing yang telah disahkan dengan UU secara sah dikatakan sebagai warga negara Republik Indonesia. Lalu bagaimana dengan sebutan Pribumi dan Non Pribumi?? Sering sekali kita mendengar bahkan mungkin …

Hak dan Kewajiban warga Negara sesuai pasal 30 tahun 1945

Hak dan Kewajiban warga Negara sesuai pasal 30 tahun 1945 • Pengertian Hak dan Kewajiban  Hak : sesuatu yang mutlak menjadi milik kita dan penggunaanya tergantung kepada kita.  Kewajiban : sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Itu pengertian hak dan kewajiba secara umum, yang dapat saya tulis didalam makalah ini. Dan kini saya ingin membahas mengenai hak dan kewajiban yang tertulis didalam pasal 30 UUD 1945. Dimana didalam UUD tersebut disebutkan mengenai hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seorang warga negara Republik Indonesia. Didalam UUD 1945 pasal 30 tertulis : (1) Tiap-tiao warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara. (2) Syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan Undang-undang. Saya memilih materi penulisan mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara sesuai dengan UUD 1945 pasal 30. Dikarenakan penulis merasa, akhir akhir ini, kebanyakan warga negara terlihat tidak bersemangat untuk menjalankan hak dan…