Langsung ke konten utama

TUGAS IBD MATERI 2 :MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Ini merupakan catatan pertama saya dan merupakan tugas pertama saya yang menuntut saya untuk dapat merangkai beberapa kata menjadi suatu kalimat yang dalam penulisannya memang mungkin masih jauh dari kata sempurna tapi saya berharap dengan semakin sering saya menulis dalam blog saya ini, lama kelamaan tulisan saya bisa bagus dan bermanfaat bagi yang membaca .

Pada semester satu ini dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar saya akan menulis tentang "manusia dan kebudayaan" yang akan saya ringkas dari berbagai sumber informasi, dari media cetak maupun media elektronik.

                                              
                                              MANUSIA dan KEBUDAYAAN
  Manusia memiliki hakekat sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Esa, serta makhluk hayati.
Manusia atau yang sering kita sebut orang memiliki banyak arti yang berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan serta campuran. menurut biologis manusia merupakan homo sapiens dalam bahasa latin untuk manusia. yang artinya merupakan golongan dari spesies primata dari kelompok mamalia yang memiliki otak dan kemampuan yang tinggi. Dalam hal kerohanian manusia dijelaskan menggunakan konsep jiwa dimana dalam agama memiliki arti hubungan dengan ketuhanan ( maksudnya manusia memiliki hubungan dengan tuhanNya yang tak dapat dipisahkan dan sangat erat ). dalam kebudayaan manusia diartikan menurut bahasa yang digunakan serta teknologinya juga kemampuannya dalam membentuk suatu lembaga atau organisasi, manusia dalam kebudayaan juga memiliki sosialisasi dengan menusia lain untuk membentuk suatu komunitas tersebut.

  Manusia digolongkan atau dijeniskan yang paling mendasar adalah dengan jenis kelamin, penggolongan lainnya berdasarkan usia, ciri fisik ( warna kulit, warna kornea mata, serta warna rambut)

  Kebudayaan atau budaya berasal dari bahasa sanskerta yaitu buddayah yang dalam bentuk jamaknya buddhi yang memiliki arti sesuatu yang berkaitan dengan akal dan budi manusia. Dalam bahasa inggris disebut Culture berasal dari bahasa latin yaitu Colere yang memiliki arti mengolah atau mengerjakan dalam dalam bahasa indonesia kebudayaan disebut "kultur" (kata serapan dari culture)
 
  Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dimiliki oleh manusia yang diturunkan secara genetik dari generasi ke generasi. budaya merupakan hal yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia hampir dalam semua konteks kehidupan manusia membutuhkan budaya. Budaya memiliki sifat kompleks, abstrak dan luas. ketika manusia mencoba berinteraksi dengan manusia lain menggunakan bahasa yang berbeda itu menandakan bahwa budaya dipelajari bahkan sangat penting untuk bertahan hidup atau bisa dikatakan sangat penting untuk berkomunikasi dengan manusia lain. Karena dengan berinteraksi manusia dapat memenuhi kebutuhan dan dapat bertahan hidup. Namun untuk mempelajari sebuah kebudayaan memang sangat sulit karena <em>Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri."Citra yang memaksa" itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti "individualisme kasar" di Amerika, "keselarasan individu dengan alam" d Jepang dan "kepatuhan kolektif" di Cina.</em> sumber:http//id.wikipedia.org

dari keseluruhan makna yang telah dikemukakan oleh para ahli diatas dapat ditarik  kesimpulan bahwa kebudayaan merupakan sesutau yang mempengaruhi pola pikir manusia serta sistem ide dalam pikiran manusia yang sifatnya abstrak.

perwujudan kebudayaan yang diciptakan oleh manusia adalah ada yang bersifat benda ,contoh peralatan hidup dan ada pula yang sifatnya perilaku yaitu bahasa ,seni, agama dan lainnya, semua perwujudan ini sifatnya nyata.

  Kebudayaan memiliki beberapa unsur menurut para ahli sebagai berikut :
  Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:

 
          * alat-alat teknologi
          * sistem ekonomi
          * keluarga
          * kekuasaan politik
  
  Kebudayaan memiliki beberapa wujud:
   1. Gagasan merupakan wujud yang ideal seperti ide, gagasan , nilai-nilai moral dan peraturan yang sifatnya abstra
   (hanya bisa dirasakan tanpa dapat diraba ataupun dilihat oleh indra dengan kata lain abstrak memiliki arti tak
    dapat dijankau oleh alat indra)
   2. Aktivitas merupakan wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan yang berpola dalam masyarakat. sering kita sebut
     sebagai sistem sosial.
   3. Artefak merupakan hasil dari kebudayaan yang sifatnya fisik seperti hasil dari aktivitas ,perbuatan dan karya
    dari manusia.

Budaya memiliki beberapa elemen atau komponen, menurut ahli atropologi Cateora, yaitu :
1. Kebudayaan material
   Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret sifatnya.
2. Kebudayaan nonmaterial
   Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak seperti dongeng, atau cerita rakyat yang diturunkan dari
   generasi ke generasi.
3. Lembaga sosial
   Lembaga sosial dan pendidikan memberikan peran yang banyak dalam kontek berhubungan dan berkomunikasi di alam 
   masyarakat. sebagai contoh di indonesia beberapa kota maupun desa ada pendapat mengatakan wanita tidak perlu
   bersekolah tinggi apalagi bekerja pada sebuah perusahaan, namun terbalik di beberapa kota besar di indonesia wanita
   banyak yang menjadi wanita karier.
4. Sistem kepercayaan
   Sistem keyakinan atau kepercayaan ini akan mempengaruhi dalam kebiasaan, bagaimana memandang hidup dan kehidupan,
   cara mereka berkonsumsi, sampai dengan cara bagaimana berkomunikasi.
5. Estetika
   Nilai estetika ini perlu dipahami dalam segala peran, agar pesan yang akan kita sampaikan dapat mencapai tujuan dan
   efektif. Misalkan di beberapa wilayah dan bersifat kedaerah, setiap akan membangu bagunan jenis apa saj harus
   meletakan janur kuning dan buah – buahan, sebagai symbol yang arti disetiap derah berbeda. Tetapi di kota besar
   seperti Jakarta jarang atau bahkan mungkin tidak terlihat masyarakatnya menggunakan cara tersebut.
6. Bahasa
   Bahasa merupakan alat pengatar dalam berkomunikasi, bahasa untuk setiap walayah, bagian dan Negara memiliki
   perbedaan yang sangat komplek. Dalam ilmu komunikasi bahasa merupakan komponen komunikasi yang sulit dipahami.
   Bahasa memiliki keunikan sifat dan komplek, yang hanya dapat dimengerti oleh pengguna bahasa tersebut. Jadi
   keunikan dan kekomplekan bahasa ini harus dipelajari dan dipahami agar komunikasi lebih baik dan efektif dengan
   memperoleh nilai empati dan simpati dari orang lain.

* Kebudayaan dapat berubah karena beberapa hal, antara lain :
1. perubahan jumlah penduduk
2. perubahan lingkungan

Dari beberapa hasil  diatas tentang kebudayaan dan manusia dapat ditarik kesimpulan bahwa manusia dan kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat yaitu dimana manusia yang melakukan perilaku kebudayaan dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan oleh manusia. dengan kata lain dapat dikatakan suatu hubungan antara manusia dengan masyarakat lain.

sumber referensi : http://www.wikipedia.com
                            http://wartawarga.gunadarma.ac.id
                            http://www.google.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Uniknya Pasar Apung

saya hari ini tak begitu banyak memiliki kesibukan dan tak bisa keluar kost-an karena hujan so internetan aja deh .. berhubung modem sudah dipasang paket internet, sayang jika tidak digunakan.. so iseng tangan memencet tuts " Pasar Apung di kalimantan" langsung search Image dan banyak gambar yang muncul, jadi ingin buat catatan tentang pasar yang satu ini, pasar yang sangat unik, siapa yang setuju ? like bisa kaliii.. hehehe.. mari kita mulai. Pasar seperti yang kita ketahui adalah tempat dimana penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi menjajahkan barang dagangan ( ilmu ekonomi banget ini ) . Walau tak selamanya pasar itu harus bertemu langsung antara pembeli dan penjual seiring perkembangan Zaman. hehehe sok update deh saya ini.. :) nah di Indonesia ternyata pasar itu tak selamanya harus di daratan loh ternyata temen temen.. lihat dehh poto yang satu ini sumber foto : http://portalbanjarmasin.com/wisata-pasar-terapung-muara-kuin-di-kota-banjarmasin/ nah uniknya k

MANAJEMEN KEUANGAN KOPERASI

MANAJEMEN KEUANGAN KOPERASI Kali saya mendapatkan tugas softskill kembali, namun sekarang materi yang akan dibahas adalah mengenai manajemen keuangan koperasi. Pengertian dari manajemen keuangan koperasi a yaitu merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh koperasi dengan tujuan untuk mendapatkan modal yang menguntungkan bagi koperasi, dan penggunaan modal yang secara efektif serta efisien dan memperhatikan prinsip prinsip ekonomi serta prinsip koperasi . Pengertian manajemen keuangan diatas mengandung beberapa hal penting antara lain sebagai berikut : 1.        Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yaitu minimal fungsi POAC yaitu planning, organizing, Actuating dan controlling 2.       Kegiatan pencarian dana 3.        Kegiatan penggunaan dana yang telah diperoleh dari anggota 4.       Serta prinsip ekonomi dan prinsip koperasi sebagaimana saya sebutkan dibawah ini: a.        Prinsip perinsip ekonomi sebagai berikut : 1.        Rasionalitas adalah tindakan yang p

PAPER PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang             Pada Pasar ini permintaan dan penawaran bergerak secara leluasa. Karena dalam pasar ini terdapat banyak penjual dan pembeli. Sehingga harga yang terbentuk dikarenakan keinginan produsen dan konsumen. Karena permintaan mencerminkan konsumen dan Penawaran mencerminkan Produsen.             Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual dan pembeli. Artinya jumlah penjual dan pembeli sama-sama banyak, maka harga tidak bisa dipengaruhi oleh satu penjual atau pembeli saja. Sehingga penjual dan pembeli telah menerima tingkat harga yang terbentuk didalam pasar sebagai suatu dantum atau fakta yang tidak dapat diubah. Bagi pembeli, barang atau jasa yang ia beli merupakan bagian kecil dari keseluruhan jumlah pembelian masyarakat. Bagi penjual pun berlaku hal yang sama sehingga bila penjual menurunkan harga, ia Akan rugi sendiri, sedangkan bila menaikan harga. Maka pembeli akan lari penjual lainnya. 1.2 Rumusan masalah 1.       Ciri-Ciri P