Langsung ke konten utama

CREDIT UNION


CREDIT UNION
kali ini saya mendapatkan tugas untuk membuat tulisan softskill mata kuliah ekonomi koperasi mengenai credit union, awalnya saya mendengar dosen saya bercerita mengenai kesuksesan credit union didaerah kalimantan, tapi saya lupa dimana tepatnya, dan kemudian kami diberikan tugas untuk membuat tulisan mengenai credit union, tak perlu yang sulit tapi simple agar orang mudah mengerti dan ini lah tulisan saya, tentang credit union secara umum.
Credit union atau yang biasa orang singkat menjadi CU adalah suatu lembaga yang bergerak dibidang simpan pinjam yang dimiliki dan dikelola oleh anggota dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Credit union atau CU memiliki 3 prinsip yaitu sebagai berikut :
1.       Asas swadaya
2.      Asas setia kawan
3.       Asas pendidikan dan penyadaran
3 prinsip tersebut memiliki arti sebagai berikut :
1.       Asas swadaya
Tabungan diperoleh dari anggota
2.      Asas setia kawan
Pinjaman hanya diberikan kepada anggota
3.       Asas pendidikan dan penyadaran
Membangun watak , watak yang baik dari para anggotanya yang akan diberikan pinjaman.
Ada sebuah artikel yang saya baca mengenai credit union yang berjudul credit union kekuatan baru ekonomi indonesia, saat melihat judul ini saya ingat denga cerita dosen ekonomi koperasi saya yang menceritakan tentang kesuksesan credit union yang berada dikalimantan. Setelah saya membaca artikel tersebut saya mengambil kesimpulan sebagai berikut :
Kenapa dikatakan credit union sebagai kekuatan baru ekonomi indonesia ini dikutip dari kata-kata Wakil Ketua DPRD kabupaten dairi sumatra utara yaitu Ir.Benpa Hisar Nababan pada kamis (22/7) yaitu credit union sebagai kekuatan baru ekonomi indonesia.
Banyak yang menyakini pula CU dapat melawan neo liberalisme yang tanpa disadari atau tidak pertumbuhan perbankan dinegeri ini merupakan hasil kesuksesan kapitalisme. CU juga sangat menjiwai semangat gotong royong atau kebersamaan yang sesuai dengan dasar negara Indonesia . tujuan utamanya adalah mensejahterakan anggotanya, didalam CU diskusi dilakukan secara intens untuk menemukan solusi dari permasalahan yang muncul.
Credit union di kemukakan oleh raiffesien pertama kali, ketika jerman mengalami krisis ekonomi yang disebabkan oleh badai salju yang membuat para petani tak dapat bekerja dan kelaparanpun terjadi, ketika itu orang-orang yang memiliki uang memanfaatkan kondisi tersebut dengan memberikan pinjaman kepada para penduduk namun dengan bunga yang tinggi , sehingga membuat rakyat miskin semakin terjerat dengan hutang yang mengakibatkan harta benda diambil oleh pemberi hutang karena mereka tidak dapat melunasi kewajibannya. Tak lama berselang terjadi revolusi industri yaitu penggunaan mesin untuk menyelesaikan tugas tugas atau pekerjaan yang cukup berat yang sulit dilakukan oleh para pekerja hal ini membuat terjadi PHK. Melihat kondisi ini walikota Flammersfield , Frederich Wilhelm Raiffesienmerasa prihatin dan mengambil kesimpulan dari hal yang dilihatnya sebagai berikut : “kesulitan si miskin hanya dapat diatasi oleh si miskin itu sendiri. Si miskin harus mengumpulkan uang secara bersama-sama dan kemudian meminjamkan kepada sesama mereka juga. Pinjaman harus digunakan untuk tujuan yang produktif yang memberikan penghasilan. Jaminan pinjaman adalah watak si peminjam.”
maka untuk mewujudkan hal tersebut Raiffesien membentuk CU yang berisi kumpulan orang-orang saling percaya. Dan hal ini ternyata sangat efektiv dilaksanakan untuk mendongkrak perekonomian didunia, terbukti dengan berdirinya beberapa credit union didunia, dan di Indonesia credit union pun tumbuh dan berkembang, berikut ini credit union yang ada di Indonesia :
·         Credit Union Lantang Tipo (1976)
·         Credit Union Khatulistiwa Bakti (1985)
·         Credit Union Pancur Kasih (1987)
·         Credit Union Daya Lestari (2001). Berada diKalimantan Timur, dan Wilayah pengembangannya ada di seluruh Kabupaten Dikalimantan Timur... Ada 24 Kantor TPK/TP/Cabangan di Seluruh kalimantan Timur, anggota Lebih dari 30 Ribu...
·         Credit Union Femung Pebaya (????)Kalimantan Timur
·         Credit Union Sempekat Ningkah Olo (????)Kalimantan Timur
·         Credit Union Petemeai Urip (???) Kalimantan Timur.
·         Credit Union Bonaventura (???) Kalimantan Barat

Pelaku didalam credit union anggotannya adalah merupakan pelaku usaha kecil menengah atau yang biasa disebut UKM. Credit union memiliki fleksibilitas yang lebih besar kepada anggotanya dalam memenuhi kebutuhan individu para  anggotanya .
Karena credit union bersifat demokrasi maka selain ada kerjasama diantara para anggota, kedudukan semua anggotapun sama, anggota memiliki hak yang sama, suara yang sama untuk dipilih dan memilih menjadi pengurus. Credit union membiayai peminjaman portofolio dengan memutar dan membagi simpanan anggota serta menciptakan peluang bagi keturunan anggota.
Mungkin diseluruh dunia nama untuk credit union berbeda beda tapi inti ,fungsi ,tugas dan peranannya sama yaitu untuk mensejahterakan anggotanya yang merupakan pelaku usaha kecil menengah (UKM)
Itulah tulisan yang bisa saya buat mengenai credit union, saya ucapakan terima kasih untuk beberapa sumber dibawah ini yang telah membagi informasi mengenai credit union
Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Uniknya Pasar Apung

saya hari ini tak begitu banyak memiliki kesibukan dan tak bisa keluar kost-an karena hujan so internetan aja deh .. berhubung modem sudah dipasang paket internet, sayang jika tidak digunakan.. so iseng tangan memencet tuts " Pasar Apung di kalimantan" langsung search Image dan banyak gambar yang muncul, jadi ingin buat catatan tentang pasar yang satu ini, pasar yang sangat unik, siapa yang setuju ? like bisa kaliii.. hehehe.. mari kita mulai. Pasar seperti yang kita ketahui adalah tempat dimana penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi menjajahkan barang dagangan ( ilmu ekonomi banget ini ) . Walau tak selamanya pasar itu harus bertemu langsung antara pembeli dan penjual seiring perkembangan Zaman. hehehe sok update deh saya ini.. :) nah di Indonesia ternyata pasar itu tak selamanya harus di daratan loh ternyata temen temen.. lihat dehh poto yang satu ini sumber foto : http://portalbanjarmasin.com/wisata-pasar-terapung-muara-kuin-di-kota-banjarmasin/ nah uniknya k

MANAJEMEN KEUANGAN KOPERASI

MANAJEMEN KEUANGAN KOPERASI Kali saya mendapatkan tugas softskill kembali, namun sekarang materi yang akan dibahas adalah mengenai manajemen keuangan koperasi. Pengertian dari manajemen keuangan koperasi a yaitu merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh koperasi dengan tujuan untuk mendapatkan modal yang menguntungkan bagi koperasi, dan penggunaan modal yang secara efektif serta efisien dan memperhatikan prinsip prinsip ekonomi serta prinsip koperasi . Pengertian manajemen keuangan diatas mengandung beberapa hal penting antara lain sebagai berikut : 1.        Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yaitu minimal fungsi POAC yaitu planning, organizing, Actuating dan controlling 2.       Kegiatan pencarian dana 3.        Kegiatan penggunaan dana yang telah diperoleh dari anggota 4.       Serta prinsip ekonomi dan prinsip koperasi sebagaimana saya sebutkan dibawah ini: a.        Prinsip perinsip ekonomi sebagai berikut : 1.        Rasionalitas adalah tindakan yang p

sejarah namaku dibalik cerita lucu yang muncul untuk panggilanku , Iseng iseng nulis :)

aku pikir apa si istimewanya nama SITI?? lalu aku bertanya kepada orang tuaku, kenapa aku dinamai dengan Siti rahayu, lalu diceritakanlah , bahwa setelah aku lahir orang tuaku mendapatkan rizky sehingga bisa membeli sebidang tanah. nah lohh, apa hubungannya, ternyata siti itu artinya tanah dan rahayu artinya sentosa, dan orang tuaku berkata "kamu kami beri nama siti rahayu, dengan harapan kamu dapat hidup seperti tanah yang bisa memberikan tempat hunian untuk semua makhluk dimana dengan seizin yang kuasa yaitu allah swt dari tanah tumbuh banyak kebaikan , seperti makanan dan lain sebagainya, serta kami mengharapkan dan mendo'akan agar kamu hidup selalu sejahtera dan sentosa, begitu nak" sambil mengakhiri percakapan malam itu. lalu aku penasaran aku carilah artikel tentang nama siti dan rahayu dan inilah yang aku temukan, ternyata ada beberapa pengertian dalam nama ku, aku pikir namaku diambil dari bahasa sansekerta semua, ternyata tidak , siti dalam namaku diambil dari k