Kamis, 03 Januari 2013

STRUKTUR SUSUNAN KOPERASI


STRUKTUR SUSUNAN KOPERASI
Struktur susunan koperasi pada dasarnya semua koperasi hampir sama, fungsi dan tugasnya pun hampir sama, yang membedakan hanyalah cara penamaan dari masing masing nama jabatannya, kali ini saya mendapatkan tugas untuk menulis mengenai struktur susunan pengurus koperasi. Setelah searching dan googling ke beberapa web akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan gambar struktur berikut ini .



dari susunan tersebut dapat kita ketahui bahwa susunan tertinggi adalah RAT atau Rapat Anggota Tahunan dimana seperti tugas saya yang sebelumnya mengenai rat dapat dibaca di link saya berikut ini http://akusitirahayu.blogspot.com/2012/12/rapat-anggota-tahunan-koperasi.html
kemudian struktur organisasinya sama dengan kebanyakan koperasi seperti dapat dilihat didalam bagan diatas tersebut, susunan organisasi koperasi dibentuk oleh pengurus koperasi untuk memperlihatkan dengan jelas dan membuat jalur kemana suatu jabatan harus bertanggung jawab dan memberikan perintah, intinya struktur organisasi koperasi dibuat agar peran, fungsi dan tugas dari masing-masing jabatan tidak melenceng dan akan membuat kesalah pahaman atau miss comunication antara beberapa jabatan yang terdapat disuatu organisasi koperasi.
Susunan setiap koperasi itu biasanya berbeda, tetapi intinya sebagian banyak koperasi membuat struktur seperti yang saya temukan di web http://anggailina.blogspot.com/2011/01/struktur-organisasi-koperasi.html
Saya ucapkan terima kasih untuk sumber yang saya sebutkan diatas mengenai gambar dari struktur organisasi koperasi.
Mungkin ada pertanyaan Kenapa pengurus strukturnya berada dibawah RAT? Karena pembentukan pengurus dibuat pada saat ada RAT, dan tugas dari pengurus adalah mempertanggung jawabkan mandat yang telah di berikan dari RAT kepada pengurus. Dan pengurus dipilih dalam RAT dengan persyaratan tertentu yang disepakati oleh semua anggota koperasi.
Itulah penulisan mengenai susunan koperasi yang dapat dilihat dalam bagan,
Terima kasih telah berkunjung J


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar