Saat dapat paper dari dosen bingung mau apa yang ditulis, bagaimana, apa urutannya. Search dehh di mbah google, untung bisa dapet jawabannya . Apa yang mesti ditulis, (strukturnya) terus singkat dan mudah lagi nihh caranya aku share yahh
Paper terdiri dari beberapa bagian (intinya berisi hal-hal berikut, tidak menutup kemungkinan untuk menyelipkan bagian lain yang dianggap penting) :
makasihh buatt mbak yuhana :)
sumber : http://yuhana.wordpress.com/2008/01/23/cara-membuat-paper/
semoga infonya bisa bermanfaat :)
Paper terdiri dari beberapa bagian (intinya berisi hal-hal berikut, tidak menutup kemungkinan untuk menyelipkan bagian lain yang dianggap penting) :
- Judul dan nama penulis beserta keterangan untuk penulis (institusi dan email jika ada, atau nomer registrasi mahasiswa dan email untuk tugas kuliah)
- Abstract yang merupakan rangkuman dari paper kita
- Introduction (pendahuluan), biasanya berisi hal-hal berikut (tulis garis besarnya saja) :
- deskripsi yang jelas tentang permasalahan (disebut juga dengan tujuan (purpose))
- Tunjukkan mengapa permasalahan ini penting, menarik, dan menantang (motivasi)
- Review yang singkat dan jelas mengenai penelitian sebelumnya yang menjadi dasar penelitian kita (scope)
- Tunjukkan gap/masalah yang ada pada penelitian sebelumnya dan menjadi pertanyaan yang ingin kita selesaikan dalam penelitian kita (gap indication)
- Tulis dengan jelas solusi yang diusulkan (proposed approach) dan bagaimana ia bisa mengatasi gap yang kita sebutkan sebelumnya (solution)
- Tuliskan secara global penemuan yang dihasilkan (result)
- Tuliskan struktur penulisan bagian-bagian berikutnya (outline)
- Related Work (penelitian-penelitian sebelumnya yang mendasari penelitian kita). Related work inilah yang nantinya akan kita tuliskan ke dalam daftar referensi.
- Methodology (untuk bidang komputer atau penelitian yang ada hubungannya dengan komputer dapat menggunakan istilah system architecture). Jelaskan methodology yang digunakan, biasanya dijelaskan dengan bagan atau gambar untuk mempermudah pembaca memahami isi paper kita. Jelaskan pula deskripsi masing-masing bagian dalam gambar kita tersebut.
- Experiment & result. Tuliskan eksperiment yang kita lakukan (data yang digunakan, jumlah data, sumber, dll) dan tuliskan hasil yang didapatkan beserta analisa dari hasil yang kita peroleh
- Discussion. Tuliskan hal-hal yang ingin anda sampaikan dan isue yang menarik dari penelitian yang kita lakukan. Termasuk kesimpulan dan saran untuk penelitian kita lebih lanjut. Saran biasanya identik dengan future work.
- Referensi, berisi semua referensi yang kita gunakan termasuk daftar paper di related work, buku atau resource yang mendukung yang kita gunakan untuk menyelesaikan penelitian kita.
makasihh buatt mbak yuhana :)
sumber : http://yuhana.wordpress.com/2008/01/23/cara-membuat-paper/
semoga infonya bisa bermanfaat :)
Komentar
Posting Komentar