Selasa, 01 November 2011

TUGAS IBD MATERI 7 : Manusia dan keadilan

Ilmu Budaya Dasar : Manusia dan Keadilan
Keadilan berasal dari kata adil yang memiliki arti setara atau seimbang, tidak berat sebelah atau tidak memihak kepada siapapun. Dibawah ini uraian mengenai manusia dan keadilan menurut saya dengan beberapa referensi pengalaman saya tentang keadilan.
Keadilan merupakan suatu tindakan tidak memihak kesalah satu pihak saja, melainkan melihat suatu kebenarannya. Artinya keadilan dapat dikatakan tidak melihat subjek melainkan objek dari suatu kebenaran yang sedang menjadi perdebatan antara 2 belah pihak atau lebih. Keadilan itu sesuai dengan proporsinya. Sebagai contoh seorang ayah memberikan uang saku untuk anaknya yang duduk dibangku SMA berbeda dengan anaknya yang duduk dibangku SD karena ayah tersebut melihat kebutuhan anaknya. Tidak mungkin disamakan antara  anak yang duduk dibangku SMA dengan anaknya yang masih duduk dibangku SD.
Makna keadilan bagi kehidupan manusia yaitu dengan adanya keadilan dalam kehidupan manusia  maka akan terjalin suatu kehidupan yang tentram dan damai. Dan setiap manusia tidak perlu merasa terintimidasi dengan suatu ketidak adilan yang terjadi dalam kehidupan manusia tersebut.
Dalam setiap aspek kehidupan manusia , sering terjadi suatu hal yang membutuhkan keadilan namun dalam kenyataannya banyak yang tidak mendapatkan keadilan. Ketika seseorang merasakan ketidak adilan dalam kehidupannya, maka manusia tersebut akan mencari suatu keadilan. Sebagai contoh saat seseorang didakwah menjadi seorang pencuri yang dalam kenyataannya manusia itu tidak mencuri maka manusia tersebut merasakan suatu ketidak adilan dalam hidupnya, guna memperoleh suatu keadilan. Manusia tersebut akan menyewa jasa seorang pengacara untuk mendapatkan keadilan.
Keadilan sosial arti keadilan yang sifatnya umum. Sebagai contoh keadilan dalam mengeluarkan pendapat dalam rapat keluarga yang diadakan oleh ketua RT sekitar. Yaitu maksudnya setiap kepala keluarga memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat. Dengan kepala keluarga itu diperbolehkan mengeluarkan pendapatnya maka si kepala kelurga itu mendapatkan keadilan untuk mengeluarkan pendapat.  Keadilan sosial ini sifatnya terjadi antar kehidupan sosial yang terjadi dalam masyarakat.

Ø  Menurut saya inti dari materi manusia dan keadilan yaitu : setiap manusia membutuhkan keadilan dalam kehidupannya, baik dalam kehidupan kecil (keluarga) atau interaksi dalam masyarakat besar. Kenapa?? Karena jika keadilan tidak dirasakan oleh manusia dalam hidupnya, maka akan timbul ketidak percayaan dan dapat menyebabkan suatu perpecahan dalam kehidupan, baik dalam keluarga ataupun dalam masyarakat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar